Kamis, 06 September 2012

Bus Terpanjang di Dunia yang Bisa Mengangkut 256 Penumpang!



[imagetag]




Jalanan di kota Dresden, Jerman, akan diramaikan oleh AutoTram Extra Grand yang memulai debutnya pekan ini. Istimewanya, bus ini memiliki panjang lebih dari 30 m dan bisa memuat 256 penumpang. Transportasi umum ini pun menjadi bus terpanjang di dunia saat ini.



AutoTram dikembangkan oleh Fraunhofer Instutute dengan menggunakan prasarana komputer untuk efisiensi dan memudahkan pengoperasian oleh pengemudi. Megabus unik ini menggabungkan desain kereta api dan bus itu sendiri serta memiliki 4 as kemudi. Bus ini juga ramah lingkungan dan dapat dioperasikan untuk waktu yang lama menggunakan tenaga listrik.





[imagetag]




"Inovasi Autotram terletak tidak hanya dalam panjangnya, tetapi kebanyakan dari kemampuannya untuk melakukan manuver seperti bus kota konvensional," ucap direktur institut, Matthias Klingner. "Tidak ada masalah dengan manuver dan stabilitas, tapi perlu dilihat sejauh mana panjang bus ini mempengaruhi lalu lintas kota yang normal."



Pemerintah Jerman menggunakan megabus ini sebagai fasilitas untuk mengatur sistem lalu lintas yang lebih baik. AutoTram juga memiliki mesin hybrid yang akan secara otomatis mengambil alih ketika baterai listrik kehabisan tenaga, kemudian mengisi kembali baterai tersebut sementara kendaraan berjalan.



Megabus seperti ini sebenarnya juga ada di China dan pernah dipakai di Inggris. New Liner China Series dapat memuat 300 penumpang, namun panjangnya hanya 24 m. Sedangkan bus Bendy harus ditarik dari London pada 2009 karena menyebabkan banyak kecelakaan lalu lintas.







[imagetag]




[imagetag]




 Sumber

#ad2fcb


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar