Minggu, 02 September 2012

7 Penyebab Migrain yang Jarang Diketahui



[imagetag]




Mengetahui penyebab migrain sangat penting sebelum mengobatinya. Namun, kebanyakan orang hanya mengetahui beberapa penyebab umum migrain seperti cahaya yang berlebihan atau stres. Padahal ada beberapa hal lain yang bisa menyebabkan migrain. Apa saja penyebab migrain yang tak banyak diketahui? Ini daftarnya, seperti dilansir oleh Quickeasyfit.com.



1. Cuaca



Perubahan cuaca seperti temperatur yang tidak stabil bisa menyebabkan migrain pada beberapa orang. Jika Anda sering merasa migrain ketika cuaca berubah-ubah, maka Anda perlu mewaspadai hal ini.



2. Hari libur kerja



Ini mungkin terdengar aneh, namun kebanyakan orang yang selalu merasa tertekan dan stres pada hari kerja kebanyakan merasakan migrain ketika libur. Ini bisa disebabkan oleh perbedaan suasana ketika bekerja dan hari libur, atau perbedaan aktivitas tubuh.



3. Tidur terlalu lama



Jika Anda tak memiliki jadwal tidur yang tetap setiap hari, Anda bisa terkena migrain. Untuk itu sebaiknya jangan mengubah jam tidur Anda, bahkan saat liburan sekalipun.



4. Konsumsi kafein



Minum kopi bisa memperparah sakit kepala, terutama jika dikonsumsi di saat yang tak tepat. Kafein yang ada dalam kopi bisa menyebabkan sakit kepala beberapa jam setelah Anda meminumnya.



5. Kurang magnesium



meningkatnya tingkat stres bisa menyebabkan turunnya kadar magnesium dalam tubuh. Ini bisa menyebabkan migrain dan sakit kepala. Lebih baik periksakan diri dulu ke doktor. Jika migrain Anda memang disebabkan oleh kurang magnesium, maka Anda bisa membeli suplemen magnesium di apotek.



6. Alergi gluten



Gluten adalah sejenis protein yang ditemukan pada gandum, sereal, atau roti. Jika Anda termasuk orang yang sensitif terhadap gluten maka, ini juga bisa menyebabkan migrain dan sakit kepala. COba hindari mengonsumsi makanan yang mengandung gluten selama beberapa hari. Jika Anda merasa baikan, maka itu berarti Anda memang sensitif pada gluten.



7. Mengonsumsi karbohidrat



Migrain juga bisa disebabkan oleh banyaknya konsumsi karbohidrat. Ini karena karbohidrat mampu meningkatkan level gula darah. Mengonsumsi karbohidrat sederhana bisa menaikkan gula darah dan membutuhkan produksi insulin yang lebih banyak. Tingkat gula darah yang tiba-tiba naik dan turun menyebabkan sakit kepala.



Itulah beberapa penyebab migrain yang jarang diketahui orang. Jika Anda mengalami migrain ketika melakukan salah satu hal di atas, maka sebaiknya segera hindari, agar migrain tidak mudah kambuh.



 Sumber

#ad2fcb


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar