Minggu, 02 September 2012

20 Fakta Unik Kentut yang Harus Kamu Tahu



[imagetag]




Pernah menghitung berapa kali Anda buang angin atau kentut dalam sehari? Buang angin adalah indikasi bahwa seseorang sehat, walaupun.. suara dan baunya cukup mengganggu. Selain suara dan aroma tak sedap itu, ada 20 fakta kentut yang harus Anda ketahui, ditulis oleh Brenna Lorenz dalam situs Heptune.



1. Apakah Semua Orang Kentut?



Orang yang masih hidup sudah pasti akan kentut. Bahkan orang yang baru meninggal beberapa saat dapat kentut.



2. Jumlah Kentut Dalam Sehari



Orang yang sehat rata-rata akan kentut sebanyak 14 kali dalam sehari.



3. Wanita Lebih Jarang Kentut?



DIakui atau tidak, wanita dan pria kentut dalam jumlah yang sama setiap hari. Jika wanita terlihat tidak pernah kentut, itu karena mereka menahannya, diam-diam melakukannya atau dilakukan saat sendirian.



4. Kapan Orang Akan Kentut?



Kapan saja. Tetapi biasanya pada pagi hari akan muncul kentut yang sangat keras sehingga suaranya bisa bergema ke seluruh penjuru rumah.



5. Asal Gas Kentut



Gas yang dihasilkan dalam kentut berasal udara yang kita telan, gas yang berasal dari darah yang menerobos ke usus, juga reaksi kimia dari makanan dan bakteri perut. Selain itu, makan tanpa dikunyah, makan terburu-buru, minum soft drink dan naik pesawat terbang di mana tekanan udara lebih rendah.



6. Komposisi Kentut



Ada banyak gas yang menjadi komposisi kentut, antara lain nitrogen, karbondioksida, metana, dan lain sebagainya. Semua itu tergantung pada apa yang Anda makan dan berapa banyak udara yang tertelan saat kita makan. Orang yang makan terburu-buru akan menghasilkan kentut yang lebih banyak.



7. Kenapa Kentut Bau?



Bau kentut berasal dari campuran kandungan hidrogen sulfida dan merkaptan. Senyawa tersebut mengandung sulfur/belerang. Bakteri di dalam perut dapat menghasilkan belerang dari makanan yang Anda konsumsi. Beberapa makanan yang dapat membuat kentut menjadi bau adalah daging-dagingan, telur, kembang kol. Sedangkan biji-bijian atau kacang dapat membuat kentut berbunyi nyaring tetapi tidak berbau.



8. Makan Kacang, Banyak Kentut



Kacang-kacangan mengandung zat gula yang tidak dapat dicerna tubuh. Zat gula tersebut adalah affinose, stachiose, verbascose. Jika mencapai usus, bakteri usus akan menghasilkan banyak gas. Kentut menjadi sangat banyak tetapi tidak bau. Jagung, kubis dan susu juga bisa menyebabkan hal yang sama.



9. Darimana Suara Kentut?



Suara yang dihasilkan berasal dari getaran pada pembukaan anus. Kencang tidaknya suara tergantung pada kecepatan keluarnya gas dan rapatnya otot-otot sphincter anus.



10. Kentut Yang Bau Lebih Hangat & Tidak Bersuara



Salah satu sumber kentut adalah bakteri. Fermentasi yang dilakukan bakteri dan proses pencernaan memproduksi panas dan hasil sampingannya adalah gas yang bau. Ukuran gas yang berbau tersebut lebih kecil, hangat dan penuh dengan hasil metabolisme bakteri. Karena itu, kentut tidak berbunyi karena jumlahnya memang kecil. Kentut jenis ini sering disebut, 'diam-diam mematikan'.



11. Mengapa Kentut Keluar dari Anus?



Karena gerak peristaltik dalam pencernaan makanan, maka makanan dan sisanya akan terdorong ke arah bawah dan keluar melalui anus. Walaupun gas kentut ringan, gas tersebut akan tetap bergerak ke bawah di mana tekanan yang lebih rendah ada di sekitar anus.



12. Berapa Lama Kentut Tercium Orang Lain?



Tergantung kondisi udara, angin, suhu, berat molekul gas kentut, jarak yang mengeluarkan kentut dan orang lain, juga ukuran wilayah. Bisa jadi orang lain tidak mencium bau kentut karena wilayah yang luas dan terbawa udara dan angin. Tetapi bisa berada dalam wilayah sempit, misalnya lift, maka kemungkinan besar aroma kentut mudah tercium dengan cepat.



13. Apakah Orang Akan Pusing Jika Mencium Bau Kentut?



Bau kentut memang mengganggu, sebagian orang memang bisa pusing jika mencium aroma tidak enak terlalu banyak.



14. Kentut Anjing dan Kucing Lebih Bau



Hewan juga kentut. Kucing dan anjing adalah pemakan daging, seperti penjelasan no 7, makan daging akan menghasilkan kentut yang bau. Sedangkan hewan pemakan tanaman seperti gajah, kuda, kambing, sapi cenderung kentut dengan suara keras tetapi tidak terlalu bau.



15. Apakah Kentut Sama Dengan Sendawa?



Walaupun mirip, kentut tidak sama dengan sendawa. Sendawa muncul karena tekanan dalam lambung, komposisi kimianya berbeda dengan kentut.



16. Apakah Kentut Hilang Jika Tidak Dikeluarkan?



Kentut tidak akan hilang karena diserap darah atau bocor ke organ lain. Gas kentut yang ditahan atau tidak dikeluarkan akan bergerak menuju bagian atas usus. Gas yang ditahan itu pada akhirnya akan keluar juga. Jadi kentut tidak akan hilang, hanya mengalami penundaan untuk dikeluarkan.



17. Apakah Kentut Bisa Menghasilkan Nyala Api?



Kentut mengandung gas metana, hidrogen dan gas lainnya. Jika dibakar, maka nyala api akan berwarna biru karena mengandung unsur hidrogen. Walau demikian, kentut tidak akan bisa menyalakan api atau membakar sesuatu.



18. Apa Warna Kentut?



Tidak ada warnanya, jika ada warnanya kita dengan mudah menebak siapa yang kentut.



19. Apakah Saat Suhu Dingin, Kentut Berwarna Putih Asap?



Saat udara dingin, napas yang kita keluarkan sering berwarna putih mirip asap. Hal yang sama mungkin bisa terjadi pada kentut. Beberapa laporan dari mereka yang tinggal di daerah yang sangat dingin dapat melihat asap putih keluar dari kentut seseorang, tetapi sebagian lagi melaporkan tidak melihat apapun saat seseorang kentut di tempat dingin.



20. Kentut di Planet Venus



Apa jadinya jika kita kentut di planet Venus? Planet Venus mengandung banyak sulfur, sehingga kentut yang juga mengandung sulfur tidak akan berpengaruh banyak, baunya hampir sama.



 Sumber

#ad2fcb


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar