Sabtu, 01 September 2012

10 Cara Menghasilkan Uang saat Traveling



[imagetag]




Kata siapa traveling hanya menghabiskan uang? Saat traveling, Anda tetap bisa menghasilkan uang yang kadang jumlahnya tak sedikit. Ikuti saja 10 ide ini.



Dari rilis yang dikirim Skyscanner kepada detikTravel, berikut adalah 10 ide cemerlang untuk menghasilkan uang saat traveling:



1. Mengajar Bahasa Indonesia di Luar Negeri





Saat traveling ke luar negeri dalam jangka waktu yang cukup lama, Anda bisa memanfaatkan waktu dengan menjadi pengajar bahasa Indonesia. Saat ini, sudah banyak negara yang tertarik mempelajari kebudayaan Indonesia.



Yang secara otomatis, kebutuhan untuk mempelajari bahasa Indonesia di luar negeri pun meningkat. Misalnya di Australia, ada berbagai organisasi yang mencari tenaga pengajar bahasa Indonesia. Oleh karena itu, Anda bisa mengambil peluang ini untuk menghasilkan uang tambahan ketika traveling.



2. Menulis Cerita Perjalanan





Cara paling mudah untuk mendapatkan uang ketika traveling adalah dengan menulis cerita perjalanan. Berbagi kesenangan ketika traveling tentu sangat menyenangkan. Bagi traveler yang memiliki hobi menulis, manfaatkan hobi Anda dengan menceritakan petualangan seru selama traveling.



Kirim cerita perjalanan Anda ke majalah atau situs-situs traveling. Biasanya, situs-situs traveling ini akan memberikan hadiah atau uang jika tulisan Anda dianggap bagus. Di detikTravel misalnya, 10 tulisan terbaik setiap bulan mendapatkan hadiah menarik dan satu tulisan mendapat uang tunai.



3. Beri review di situs traveling





Biasanya, beberapa situs traveling membuka peluang bagi para pembacanya untuk membuat ulasan selama liburan, seperti review hotel atau pun tempat wisata. Nantinya, di setiap review akan diberi poin yang bisa ditukar dengan hadiah menarik. Tertarik?



4. Fotografi Travel





Nah, untuk penggemar fotografi, manfaatkan hobi Anda ini untuk menghasilkan uang. Tangkaplah setiap momen yang menarik saat traveling dengan lensa kamera Anda. Jika hasilnya bagus, Anda bisa menjual foto-foto tersebut. Asyikkan?



5. Tampil di Cafe





Banyak orang yang dianugerahi jiwa seni yang tinggal, seperti bersuara merdu dan pandai memainkan alat musik. Jika memiliki kelebihan itu, salurkanlah bakat dengan tampil di cafe tempat Anda traveling, atau menjadi artis jalanan.



Sudah banyak traveler yang mencari tambahan uang saku dengan menghibur para pejalan kaki ketika mereka mengunjungi satu kota. Salah satunya adalah seorang pengamen bernama David Juriz. Dari hasil mengamennya, ia mengumpulkan uang sekitar  83 atau Rp 1,3 juta per hari. Ini cukup untuk membiayai seluruh perjalanannya.



6. Menjadi Instruktur Selam





Olahraga diving kini tengah marak di Indonesia. Lautnya dijadikan pilihan sebagai destinasi liburan. Sayangnya, tidak semua orang pandai menyelam. Jika Anda seorang penyelam dan memiliki sertifikat diving, manfaatkan peluang ini dengan menjadi instruktur selam.



7. Bekerja di Resor Ski





Bekerja di Resor Ski bisa Anda pilih jika sedang traveling ke negara dengan 4 musim. Banyak pekerjaan tersedia di tempat ini, mulai dari instruktur ski sampai pencuci piring. Lebih asyik lagi, kebanyakan resor ski memberikan akomodasi dengan harga murah bahkan gratis. Potongan harga untuk makanan dan segala keperluan untuk musim dingin juga disediakan untuk karyawannya.



8. Bekerja di Kemah Musim Panas





Amerika Utara memiliki budaya berkemah di musim panas. Biasanya waktu ini dimanfaatnya anak-anak akan menghabiskan waktu untuk belajar seni dan keterampilan, mengembangkan bakat olahraga dan melakukan aktifitas-aktifitas baru lainnya. Jika traveling ke sana, Anda bisa melamar pekerjaan sebagai staf perkemahan.



9. Menjadi Sukarelawan





VSO (Voluntary Service Overseas atau Pelayanan Sukarela Luar Negeri) adalah lembaga amal internasional, yang merekrut sukarelawan untuk bekerja di proyek-proyek mereka. Biasanya proyek ini berada di kawasan paling miskin di dunia.



Anda pun bisa melamar sebagai sukarelawan. Tidak ada syarat khusus untuk menjadi sukarelawan di VSO, karena bisa berasal dari berbagai macam latar belakang. Anda dapat menyumbang tenaga dan pikiran dengan baik dan bekerja di masyarakat melalui lembaga ini. Sebagai gantinya, Anda akan mendapat imbalan untuk biaya hidup, akomodasi, tiket penerbangan dan pelatihan.



10. Cari Visa Bekerja Liburan





Saat liburan tiba, Anda bisa mengambil visa bekerja liburan (working holiday visa). Beberapa negara yang menyediakan visa ini adalah Kanada, Australia, Jepang, dan Selandia Baru. Sambil berlibur di negara tersebut, Anda bisa menjadi pekerja paruh waktu. Liburan jalan, dapat uang!



 Sumber

#ad2fcb


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar