Senin, 20 Agustus 2012

Teknologi Ini Bisa Kendalikan Mobil dengan Kedipan Mata !!


[imagetag]










Para teknisi berhasil membuat terobosan kontroversial dalam dunia teknologi tanpa menggunakan sentuhan tangan. Mereka menghadirkan sebuah gadget baru yang bisa mengendalikan fungsi mobil hanya dengan gerakan tubuh dan ekspresi wajah.


Cara kerja alat ini memakai sensor infra merah yang dipasang di dashboard untuk mengenali ekspresi wajah pengemudi. Lalu sebuah komputer yang tertanam di mobil berfungsi menerjemahkan gerakan tubuh sesuai dengan daftar perintah seperti pada radio dan ponsel. Sehingga pengemudi bisa melakukan gerakan mengedipkan mata atau anggukan kepala untuk menjalankan fungsi mobil.


Saat ini para teknisi tengah menguji coba gerakan kedipan mata untuk menghidupkan radio dan memutar musik. Pengemudi bisa mengangguk ke kiri untuk menambah volume dan ke kanan untuk mengurangi volume. Teknologi ini juga menyediakan antisipasi untuk membedakan antara kedipan tidak sengaja dengan yang berdasarkan lamanya waktu.



[imagetag]


Selain itu ada sensor komputer di dalam persneling sehingga pengemudi cukup menggerakkan tangan di atasnya untuk mengontrol AC dan pemanas mobil. Gerakan seperti menyentuh kemudi juga bisa digunakan untuk memilih stasiun radio dan lagu. Pengemudi juga dapat menelepon dengan membuat gerakan tangan seperti memegang telepon dan menyebutkan nama orang yang ingin dihubungi.



[imagetag]


Sementara ini teknologi sekaligus mobil canggih itu masih dikembangkan dan diharapkan bisa berada di jalanan dalam waktu dua tahun. Perusahaan pengembangnya, Harman, masih menguji daftar gerakan yang bisa menjadi standar semua mobil di seluruh dunia. "Tapi kami yakin (teknologi) gerakan tangan akan tersedia dalam dua atau tiga tahun," kata Direktur Harman, Hans Roth.




sumber :http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=15647617
#ad2fcb

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar