Rabu, 15 Agustus 2012

Pengangkutan Belerang Dari Gunung Berapi

Jika anda berdiri di Lereng kawah gunung berapi, anda akan melihat betapa indahnya pemandangan yang mengelilinginya, dari pemandangan kawah gunung berapi, pemandangan hijau, hingga pemandangan di sekitar anda yang begitu menakjubkan keindahannya. Uap yang terlihat seperti bulu putih yang tebal menambah suasana yang begitu sejuk dan nyaman. Tetapi penampilan bisa menipu, yang tampaknya seperti danau yang tenang itu mengandung asam sulfat dan terbawa awan di atas bercampur menjadi asap belerang yang beracun. Meskipun keindahannya begitu menyejukkan mata, namun gunung berapi adalah tempat api dan belerang, terlihat mempesona tetapi mematikan. Tidak ada orang yang terlalu memperhatikannya, tetapi pria ini tahu dan sudah merasakan belerang beracun itu setiap hari.



Terletak di Provinsi Jawa Timur Indonesia, gunung Ijen merupakan bagian dari Stratovolcanoes gunung berapi yang terdiri dari lapisan lava mengeras, batu dan abu. Kawah ijen terbentuk sekita 3500 tahun yang lalu ketika ada tiga letusan besar. Belerang cair pertama muncul, memiliki suhu lebih dari 200

°
C (392
°
F) dengan warna merah. Belerang yang mendingin kemudian memadat dan berwarna kuning kemudian menjadi potongan. Para penambang menghasilkan sekitar 14 ton per hari. Belerang dapat digunakan sebagai bahan kosmetik, pupuk, dan sebagainya. Belerang juga enting dalam proses kilang gula.






[imagetag]



[imagetag]



[imagetag]



[imagetag]



[imagetag]



[imagetag]



[imagetag]




#ad2fcb

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar