Rabu, 08 Agustus 2012

9 Perusahaan Sukses Dibangun Saat Krisis


[imagetag]
 Perusahaan Sukses Dibangun Saat Krisis9 Perusahaan Sukses Dibangun Saat Krisis Sebagian besar masyarakat beranggapan, masa krisis ekonomi adalah waktu yang kurang tepat untuk mulai membangun bisnis. Anggapan itu terbukti salah. Sebab, lebih dari setengah daftar America Fortune 500 justru lahir selama depresi atau resesi ekonomi.

Namun harus diakui, resesi ekonomi juga masih menjadi faktor utama yang membuat sejumlah perusahaan besar ambruk.

"Setiap generasi baru yang lahir, mereka adalah pembaharu dan merestrukturisasi kembali ekonomi," ungkap The Kaufman Foundation seperti dikutip VIVAnews dari laman CBS, Kamis 9 Agustus 2012.

Dalam kasus ini, diakui pebisnis, terbelah menjadi kalangan yang beruntung dan mereka yang telah terbiasa dengan kondisi yang ada. Perbedaan kedua hal itu terletak pada pengalaman dari perusahaan tersebut untuk tetap mempertahankan kesuksesan jangka panjang.

Untuk meraih kesuksesan ini, faktor keadaan memiliki peran yang kecil. Sebagian besar kesuksesan diraih dari kualitas dan karakteristik.

Berikut adalah perusahaan-perusahaan yang mulai menjalankan bisnis atau menikmati kesuksesan, ketika perekonomian dunia justru tengah melemah:

1. Motorola


Perusahaan ini mulai berdiri pada 1928, atau setahun sebelum depresi besar (great depresion) melanda Amerika Serikat.

2. Disney


Perusahaan yang meraih kesuksesan besar di dunia hiburan anak ini berdiri pada 1923. Perusahaan mulai dikenal di jagat hiburan, ketika meluncurkan Steamboat Willie, film Mockey Mouse pertama yang disinkronisasikan dengan musik dan efek suara pada 1928.

3. Hewlett-Packard


Perusahaan penghasil mesin cetak printer ini mulai beroperasi pada 1939. Salah satu konsumennya adalah Disney Studios.

4. Xerox

Memulai bisnisnya pada 1906, atau selama berlangsungnya resesi akibat Perang Dunia Pertama.

5. Ryder


Perusahaan didirikan pada 1933.

6. Revlon


Perusahaan mulai menjalankan bisnis kecantikan wanita pada 1932, dengan memperkenalkan cat kuku tahan lama.

7. Converse


Perusahaan didirikan pada 1908, saat berlangsungnya krisis perbankan atau Banker Crash yang bermula sejak 1907.

8. Interstate Bakeries


Perusahaan pembuat makanan Twinkies yang mulai beroperasi pada 1933.

9. Sport Illustrated


Perusahaan mulai berbisnis pada 1954, yang merupakan tahun terakhir berhentinya era resesi ekonomi.

Selain perusahaan-perusahaan yang meraih sukses di era resesi ekonomi AS, banyak perusahaan yang juga muncul ketika ekonomi negara tersebut tengah menurun.

Contoh terbaru dari perusahaan itu adalah FedEx dan Microsoft yang lahir selama era stagflasi (situasi ekonomi dimana inflasi muncul dari kombinasi stagnasi ekonomi dan turunnya produksi dan tenaga kerja) pada tahun 1970-an.

Di sektor media, CNN, US Today serta MTV, memulai bisnisnya di tengah turunnya perekonomian di awal tahun 1980-an. Sementara itu, Wikipedia lahir usai ekonomi AS mengalami resesi akibat serangan 11 September (9/11).

Selain merupakan waktu yang pas untuk mulai mendirikan usaha, ambruknya perekonomian juga bisa mendatangkan keuntungan besar bagi perusahaan mapan.sumber
#ad2fcb

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar