Senin, 20 Agustus 2012

8 Cara Mengurangi Stress Pasca Liburan


[imagetag]

Tumpukan tugas kantor yang menanti seusai liburan, dan pekerjaan rumah tangga yang tak kunjung habis karena pembantu mudik, telah membuat Anda stres bukan kepalang. Sebelum emosi dan kekhawatiran mengambil tempat di otak anda, cobalah delapan cara yang bisa bantu anda kurangi stres yang dikutip dari iVillage.




1. Latihan Bernapas


Cara Anda bernapas dapat mempengaruhi respon tubuh terhadap tingkat stres. "Ketika Anda bernapas pendek dan cepat, akan membuat oksigen berkurang sehingga membuat stres semakin buruk, begitu juga sebaliknya jika Anda bernapas secara teratur dan tenang tubuh akan membantu melepas hormon stres," ujar Alice Domar, Ph.D., direktur Domar Center for Mind/Body Health di Waltham, Massachusetts, Amerika.




Untuk mengurangi stres dan menenangkan diri, cobalah latihan pernapasan dengan diafragma. Tarik nafas dalam, rasakan udara mengisi dada Anda, kemudian tahan sampai empat hitungan. Hembuskan nafas perlahan dalam hitungan yang sama pula. Ulangi latihan ini sampai beberapa kali saat Anda sedang merasa stres.




2. Minum Teh


Saat istirahat, disarankan untuk memilih teh dibanding kopi. Penelitian di University College London menemukan, meminum teh hitam setiap harinya akan membantu Anda cepat pulih dari stres dan menciptakan perasaan santai yang menyenangkan. Pilihan teh apapun seperti teh susu, teh hijau, teh jasmine dan lainnya juga akan membantu Anda terbebas dari stres.




3. Mengontrol Jadwal


Melakukan banyak hal tanpa henti akan membuat Anda stres. Coba jadwalkan ulang daftar pekerjaan Anda kedalam daftar kecil tugas-tugas yang harus dilakukan dalam sehari. Misalnya, menata ulang dekorasi meja makan atau membersihkan dompet dari kertas-kertas bon juga akan membantu Anda mengurangi stres. Domar menambahkan, hal-hal kecil macam itu akan membuat Anda merasa lebih baik.




4. Mengubah Sudut Pandang


Ubah kata 'membuat stres' dengan kata lain seperti 'menantang', dengan begitu pikiran Anda akan memiliki lebih banyak pilihan untuk tindakan yang bisa dilakukan. Ungkap Scott Sheperd, Ph.D., seorang psikolog dan penulis buku di St. Louis. Dengan mengubah pandangan ketika menghadapi masalah, Anda dapat mengambil beberapa pilihan untuk keluar dari situasi yang tidak menyenangkan tersebut dan membuatnya tampak jauh lebih mudah dilakukan.




5. Gunakan Wewangian


Aroma dari sari bunga mawar, atau bunga-bungaan lain bisa membantu Anda melepaskan penat di kepala. Penelitian dari Srinakharinwirot University di Thailand menemukan bahwa aroma bunga dapat mempengaruhi tingkat pernapasan dan membuat tekanan darah sistolik menurun, sehingga Anda akan merasa lebih tenang dan lebih santai.




6. Lakukan Pekerjaan Perlahan


Tidak perlu bergegas dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. Fokus pada satu pekerjaan dan melakukannya tanpa terburu-buru akan memberi respon relaksasi pada tubuh. Kerjakan yang dirasa mudah terlebih dulu, seperti mencuci piring kemudian menyetrika pakaian.




7. Menulis Buku Harian


Ketika stres menyerang dan banyak yang Anda pikirkan, jangan memendamnya sendiri. Namun bukan berarti Anda harus mengeluarkan emosi Anda di jaringan sosial seperti Facebok atau Twitter, lebih baik kembali ke cara lama yaitu menuliskan masalah di buku harian. Dengan menulis hal-hal yang membuat Anda stres, juga akan menyingkirkan kekhawatiran dari pikiran Anda. Hasilnya, stres berkurang dan mood yang lebih baik.




8. Dekorasi Ruangan


Mengubah dekorasi ruang kerja atau rumah akan membantu Anda mengurangi stres. Buatlah ruangan yang bisa menjadi spot relaksasi bagi Anda. Tambahkan pula tanaman hidup di sudut meja, foto-foto orang tersayang, barang-barang seni, atau koleksi mainan favorit. Pilihlah screen saver berwarna hijau atau biru yang menurut penelitian akan memberi efek tenang pada otak. Jika stres mulai muncul, ambil napas dalam dan istirahatkan mata dan pikiran Anda di ruang santai ini.
 Sumber

#ad2fcb

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar