Senin, 27 Agustus 2012

6 Pohon Unik yang Pernah Ditemukan Manusia

Mahluk hidup memang penuh misteri. Begitu pun juga dengan pohon. Tak sedikit dari jenis pepohonan yang tumbuh dengan bentuk yang unik dan ajaib. Pohon apa saja?



Dilansir situs pemeringkat Toptenz, sedikitnya ada 10 pohon unik yang muncul di dunia. Sebagian dari mereka tumbuh besar bak sebuah gedung, sebagian lagi menjalar dengan bentuk yang unik. Pohon-pohon itu tersebar di seluruh dunia dan jadi perhatian manusia.



Berikut enam dari 10 pohon ajaib yang pernah ditemukan manusia tersebut:



1. Pohon Oak Malaikat:







[imagetag]




Pohon ini berlokasi di Johns Island, South Carolina, Amerika Serikat. Pohon oak berumur 1.500 tahun ini memiliki batang dan daun yang lebar bak seorang malaikat. Tingginya sekitar 84 meter dan cabangnya memiliki panjang 300 meter.



Pohon ajaib ini diperkirakan sebagai organisme tertua yang hidup di sungai Missisissippi. Pohon tersebut berhasil selamat dari sejumlah bencana alam yang menghantam kawasan itu. Di antaraya gempa bumi tahun 1886, banjir dan topan pada tahun 1989.





2. Elia Bouybon, Pohon Zaitun dari Vouves:







[imagetag]




Pohon ini adalah pohon zaitun tertua di dunia. Namun hingga kini, pohon yang terletak di Kreta, Yunani, tersebut masih menghasilkan minyak zaitun.



Sejumlah peneliti di Kreta memperkirakan pohon ini berusia antara 3.500 hingga 4.000 tahun. Tebalnya mencapai sekitar 45 meter.



Pohon zaitun kuno ini dikunjungi oleh 20 ribu orang tiap tahunnya. Lokasinya terletak di sebuah desa di Ano Vouves, Kreta.





3. Pohon Darah Naga:







[imagetag]




Pohon ini termasuk jenis yang langka. Dikenal juga bernama latin Dracaena Cinnabari, pohon ini tumbuh di Yaman.



Unesco mengklaim di area pepohonan ini ada 37 persen pesies tanaman, 90 persen spesies reptil dan 95 persen siput yang tidak muncul di belahan dunia mana pun.



Pohon Naga ini tumbuh menyerupai payung. Oleh penduduk lokal, getah dalam pohon tersebut diyakini sebagai obat, produk kosmetik dan bahan pewarna lukisan.





4. Pohon Tule:







[imagetag]




Pohon Tule raksasa ini memiliki tinggi hingga 300 meter lebih. Lokasi pohon berada di kawasan Oaxaca, Meksiko. Setiap cabang bisa tumbuh menjadi sebuah pohon sendiri.



Diameter pohon itu juga cukup besar. Para peneliti menduga itu adalah gabungan dari beberapa pohon, namun ternyata hasil tes DNA menunjukkan sebaliknya. Pohon itu secara genetik adalah individu sendiri.





5. Pohon Teko Baobab:







[imagetag]




Pohon teko Baobab ini merupakan bagian dari spesies Adansonia. Lokasi pohon berada di kawasan Afrika, namun bisa juga ditemukan di Asia dan kawasan Peninsula Arab. Namun tanaman ini paling banyak ditemukan di kawasan Madagaskar.



Pohon ini sangat unik karena berbentuk menyerupai botol atau teko. Khusus untuk foto di atas, pohon itu berlokasi di Ifaty Madagaskar. Usianya mencapai 1.200 tahun.



Para penelilti memperkirakan, pohon langka ini bisa menampung air hingga 120 ribu liter.





6. Pohon dari Ta Phrom:







[imagetag]




Pohon ini tumbuh di atas kuil Ta Prohm, Kamboja. Ada dua spesies yang mendominasi pohon ini.



Sebagian peneliti mengklaim pohon yang lebar berjenis Ceiba pentandra, sementara peneliti lain menduga itu adalah Tetrameles Nudiflora. Sementara pohon yang lebih kecil diperkirakan adalah pohon Strangler Fig.



Fenomena pohon unik dengan cabang yang menjalar ini menarik perhatian ribuan turis tiap tahunnya.



 Sumber

#ad2fcb


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar