Sabtu, 25 Agustus 2012

5 Obat Batuk Alami di Sekitar Kita


[imagetag]





Sepertinya gangguan pernafasan ini ringan, namun sangat mengganggu. Saat diserang batuk, kita tidak bisa mengerjakan apa-apa walaupun nampaknya anggota tubuh yang lain tidak terganggu. Anda tidak mungkin melakukan presentasi di meeting sambil terbatuk-batuk, pun juga tidak bisa menulis dengan baik saat terguncang-guncang karena batuk. Parahnya lagi, seringkali batuk muncul di saat-saat yang tak terduga. Jika itu yang terjadi, temukan bahan-bahan alami yang mudah dijumpai di sekitar kita ini dan redakan batuk Anda.




1. Kecap dan jeruk nipis




Peras jeruk nipis, ambil airnya sebanyak hampir 1 sendok makan. Tambahkan kecap manis dan telan sekaligus.




2. Susu hangat dan madu




Hangatkan susu, tambahkan madu ke dalamnya dan minum segera untuk meredakan batuk. Madu dengan khasiat anti bakteri akan meredakan batuk yang disebabkan oleh bakteri, sementara susu akan mengurangi reaksi batuk yang dilakukan oleh paru-paru.




3. Minuman jahe hangat




Batuk juga bisa disebabkan karena udara dingin, sehingga minuman yang menghangatkan seperti wedang jahe akan membantu menenangkan paru-paru untuk tidak melakukan reaksi batuk. Memarkan jahe, masukkan dalam gelas dan tuangi dengan air panas. Tambahkan sedikit gula atau madu jika ingin terasa lebih manis.




4. Madu




Seperti disebutkan di atas, madu memiliki zat anti bakteri yang bisa meredakan batuk Anda. Namun khasiat ini bisa didapatkan jika madu Anda murni, tidak dicampuri dengan pemanis atau gula. Cara mengonsumsinya mudah saja, telan 1 sendok makan madu murni sekaligus.




5. Kencur




Kencur efektif menghilangkan dahak dan serak, serta meredakan batuk, karenanya kencur akrab dengan para penyanyi sejak zaman dahulu kala. Saat ini telah banyak dijual olahan kencur kering, sehingga tinggal dikunyah saja dan dihisap sarinya saat batuk menyerang.
 Sumber


#ad2fcb

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar