Rabu, 29 Agustus 2012

5 Hal Terpenting Tentang Makanan Kadaluwarsa



[imagetag]




Makanan yang dikemas biasanya disertakan tanggal kadaluarsa pada label makanan. Sebelum mengolah kembali makanan kemasan yang ada di dalam kulkas Anda sebaiknya cek ulang labelnya dan kondisinya.



Peringatan yang diberikan oleh Health Canada beberapa waktu lalu, menginformasikan pada konsumen tentang tanggal kadaluarsa pada makanan yang disimpan dalam kulkas atau lemari makanan. Berikut beberapa hal yang perlu diketahui tentang tingkat kesegaran produk makanan didunia.



1. Bagaimana kualitas produk setelah kemasan dibuka?





Tanggal kadaluarsa pada kemasan makanan bertujuan untuk memberi info tentang kesegaran dan masa simpan produk. Namun setelah kemasan dibuka tidak menjamin kualitas rasa, tekstur dan nilai gizi makanan tetap terjaga.



2. Pentingkah tanggal kadaluarsa?





Informasi tanggal kadaluarsa makanan sangat penting, karena jika digunakan sebelum tanggal yang ditentukan akan mendapatkan nilai gizi yang lebih baik.



3. Bagaimana jika aroma makanan tidak enak?





Kadaluarsa biasanya ditunjukkan dengan bau yang tidak sedap pada makanan. Jika ingin menggunakan kembali makanan yang sudah disimpan dalam lemari makanan dan Anda merasa ragu untuk memakainya, sebaiknya segera dibuang.



4. Makanan beku dapat memperpanjang tanggal kadaluarsa?





Canadian Partnership for Consumer Food Safety, menyatakan proses pembekuan makanan dapat menghentikan pertumbuhan bakteri sehingga dapat memperpanjang masa simpan makanan. Lamanya masa simpan makanan yang dibekukan tergantung jenis makanannya.



5. Apakah makanan selalu dibubuhi tanggal kadaluarsa?





Tidak semua makanan diberikan label peringatan. Seperti pada US Food and Drug Administration tidak mengharuskan perusahaan makanan menyertakan tanggal kadaluarsa, meskipun hukum di Amerika Serikat menyatakan bahwa makanan yang dijual harus sehat dan layak dikonsumsi



 Sumber

#ad2fcb


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar