Rabu, 04 April 2012

10 motivasi cinta yang salah

Motivasi cinta adalah segala sesuatu yang menjadi dasar kenapa kamu menjalin hubungan percintaan dengan seseorang. Sebut saja berpacaran. Motivasi cinta yang benar dan tepat bisa membantu seseorang dalam meraih kebahagiaan dalam sebuah hubungan. Membuat kamu untuk selalu tegar dalam menghadapi segala permasalah cinta yang datang. Sebaliknya, motivasi cinta yang salah hanya akan membuat seseorang seperti terjebak dalam sebuah hubungan yang tidak dikehendaki, merasa tersiksa dan tertekan. Dan kegagalan hanya tinggal menunggu waktu untuk datang.

Nah, buat kamu yang akan menjalin cinta dengan seseorang, ada baiknya untuk bertanya lebih dulu pada diri sendiri, "Apa sebenarnya motivasi kamu menjalin hubungan tersebut?" Sebagai bahan kajian, berikut ini adalah 10 motivasi cinta yang keliru dan sebaiknya dihindari.


1. Bosan Sendiri
Rasa bosan bisa muncul dan hilang kapan saja. Untuk mengatasi rasa bosan baik karena kesendirian ataupun dengan pasangan, kamu kemudian berhubungan dengan orang lain. Rasa bosan inilah yang membuat kamu menjalani hubungan, bukan karena kamu memang menyukai orang tersebut.

2. Sedang putus asa
Ketika sedang putus asa karena hubungan tidak berjalan dengan baik atau mungkin karena kamu terlalu lama sendiri, kamu pun memutuskan untuk menjalin hubungan dengan seseorang. Padahal kamu tidak menyukainya. Jadi, rasa putus asa bisa sedikit terobati dan menjadikannya sebagai pelarian.

3. Latah atau iri
Saat semua teman-teman atau sepupu kamu bercerita tentang kekasih mereka, terkadang muncul rasa iri. Rasa iri inilah yang sering membuat seseorang latah untuk segera mencari pacar. Tentu saja hal itu, tidak akan membuat hubungan berhasil.

4. Terjebak suasana
Saat di klub atau acara tertentu kamu bertemu dengan seorang yang cukup menarik. Hubungan pun berlanjut, tetapi ternyata kamu tidak teralalu menyukainya. Suasana saat itulah yang membuat dia menarik, sehingga setelah lepas dari suasana itu, kamu baru menyadari kalau tidak terlalu menyukainya.

5. Merasa terpaksa
Saat kamu berstatus jomblo, hal yang sering dilakukan oleh teman ataupun orang tua adalah mengenalkan kamu dengan seseorang. Rasa tidak enak atau ingin menghargai usaha mereka membuat kamu terpaksa berusaha membuat hubungan baik dengannya. Lain soal kalau kamu memang mencintai dia.

6. Hanya penasaran
Sikapnya yang pendiam, dingin dan cuek membuat kamu penasaran. Untuk mengobati rasa penasaran, kamu pun mendekatinya. Setelah ia mulai luluh dengan sikap kamu ataupun rasa penasaran kamu terjawab, kamu meninggalkannya. Rasa penasaran memang bisa membuat seseorang berbuat nekat.


7. Memanfaatkan
Pria jika sedang mengejar wanita sikapnya tentu sangat baik. Ia bisa mengantarkan kamu kemana saja dan membelikan apapun yang kamu inginkan. Hal tersebut bagi sebagian wanita tentu saja bisa dimanfaatkan. Dengan berpura-pura menyukainya, apa saja bisa didapatkan. Ini juga berlaku sebaliknya (cewek dimanfaatkan oleh cowok) dan yang paling sering terjadi adalah ini.

8. Merasa Kasihan
Saya masih ingat pepatah dari seorang motivator cinta (lupa lagi namanya). "Rasa kasihan bisa menimbulkan Rasa Kasih (cinta). Tapi Kasih yang datang dari rasa kasihan tidak akan berumur panjang. Saat rasa kasihan menghilang, maka kasih pun melayang". Kesimpulannya, rasa kasihan bukanlah motivasi cinta yang baik.

9. Mengatasi kesepian
Menjalin cinta dengan seseorang, memang bisa mengatasi rasa kesepian secara emosional. Tapi ini hanya berlaku dalam jangka waktu tertentu. Kenapa? Karena kamu tidak akan pernah bisa total dalam mencintainya. Saya sudah pernah membahas ini dalam artikel tentang rasa kesepian. silahkan dibaca!

10. Pelarian cinta
Pelarian cinta ini biasa terjadi pada mereka yang ingin menyembuhkan patah hati secara cepat setelah putus cinta. Tentu saja ini alasan yang keliru untuk menjalin sebuah hubungan. Efeknya akan terasa di masa mendatang. Dan sangat tidak adil bagi dia yang kamu jadikan sebagai pelarian.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar