Sabtu, 04 Juni 2011

Nokia & CNN Menyediakan Pemberitaan Dengan Layanan Pemetaan

Terjalinnya kerja sama kemitraan antara pemasok ponsel Nokia yang berbasis di Finlandia dengan penyedia layanan televisi pemberitaan CNN baru-baru ini yang diperuntukkan bagi penyediaan jaringan berita internasional dengan menggunakan layanan pemetaan (mapping) tampaknya terobosan baru dalam dunia  jurnalistik dan komunikasi saat ini .
Kolaborasi global antara dua perusahaan raksasa ini lebih tepatnya dimaksudkan untuk memperkuat dan meningkatkan kemampuan keduanya dalam global newsgathering, user-generated content, teknologi pemetaan, dan layanan berbasis lokasi yang ada.
Menurut Nokia, kemitraan tersebut sudah ada sebelumnya, seperti dengan apa yang CNN telah lakukan dalam penggunaan Nokia 3D Maps lintas platformnya dalam sebuah liputan pernikahan kerajaan Inggris baru-baru ini.
“Kerjasama ini sangat sesuai bagi Kami sebagai dua perusahaan yang sedang berbagi filosofi yang sama dengan berhubungan orang-orang yang berada diluar sana melalui kombinasi konten berita menarik dan teknologi yang sangat canggih”, ungkap Tony Maddox yang saat ini menjabat sebagai managing director di CNN International.
“Skala internasional pada tiap bisnis Kami membuat ruang lingkup dari kerjasama khusus yang menarik”, tambah Maddox.
Dari jalinan kolaborasi keduanya, kabarnya telah dihasilkan sebuah aplikasi yang secara khusus dikembangkan untuk ponsel Nokia yaitu CNN App yang kini telah tersedia dan siap di-download melalui Ovi Store kapan saja.
Aplikasi CNN tersebut mampu menyediakan akses pengguna ponsel dengan pemberitaan dunia, bisnis, olahraga, hiburan dan teknologi, serta live streaming video yang disiarkan oleh pihak CNN sebagai penyedianya. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk berbagi berita CNN melalui saluran sosial miliknya sendiri, dan berpartisipasi dalam proses pemberitaan dengan akses langsung ke komunitas pemberitaan partisipatif CNN yaitu iReport.
Aplikasi ini kabarnya tersedia secara gratis melalui Ovi Store yang ada dan kompatibel dengan ponsel Nokia berbasis Symbian^3, termasuk Nokia E7 dan Nokia N8.
“Nokia dan CNN berkeyakinan kalau pemberitaan yang mobile, sebagai sarana demokratis yang handal, dan dapat diakses bersama oleh banyak orang di seluruh dunia”, jelas Jerri DeVard yang saat ini menjabat sebagai kepala pemasaran di Nokia.
“Kami sangat senang bahwa CNN ingin menggunakan layanan pemetaan yang inovatif milik Nokia untuk platform pemberitaan internasionalnya, dan Kami sangat gembira dapat bekerja sama dengan CNN untuk memberikan sebuah layanan berita yang menarik bagi para pengguna ponsel Nokia”.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar