Sabtu, 21 Mei 2011

Inovasi Karya Anak Bangsa menuju Kemandirian Nasional

Inovasi Karya Anak Bangsa menuju Kemandirian Nasional, itulah yang penting untuk bangsa kita ini karena dengan inovasi-invoasi dan karya-karya anak bangsa kita yang baik dan bisa menyaingi produk internasional dapat memajukan bangsa kita tanpa harus bergantung ke negara lain. Karena dengan memajukan kemandirian nasional dapat mencerminkan bahwa negara kita mampu untuk bersaing di tingkat internasional, nah dari pada lama membaca mendingan kita langsung aja pergi kemateri yang akan kita bahas dan untuk memenuhi persyaratan blog ini untuk ikut keajang kontes blog Compfest 2011.
183477 166368040082236 166264856759221 379684 7597217 n Inovasi Karya Anak Bangsa menuju Kemandirian Nasional
Hampir di setiap waktu atau pun disetiap saat produk yang kita gunakan adalah produk luar negeri, sekalipun itu dibuat di dalam negeri di Indonesia tetap saja produk yang ada adalah lisensi dari produk dari luar negeri. Coba kita lihat, mulai dari laptop, mobil, motor, handphone, gitar, tas, dan lain-lain, hal yang kita gunakan adalah barang luar negeri. Memang ada banyak juga karya anak bangsa yang kita pakai, tapi banyak juga yang malu untuk menggunakan barang buatan anak negeri sendiri karena faktor gengsi terhadap kemajuan teknologi. Padahal semua itu untuk mendukung kemajuan karya dan inovasi anak bangsa adalah dengan memakai barang-barang buatan dalam negeri.

Namun jangan patah semangat untuk memajukan bangsa kita, tidak sedikit juga karya bangsa Indonesia yang telah maju dan menjadi terdepan di Indonesia, contoh di bidang web banyak startup-startup lokal yang bermunculan untuk membuat dunia web kita maju, bahkan sudah banyak yang maju seperti kaskus, indowebster, koprol, dailysocial. Sudah cukup banyak prestasi yang ditorehkan oleh anak bangsa dengan karya-karya jeniusnya.

Peran dunia Pendidikan, Pemerintah, Media, dan Dunia usaha sangat penting untuk meningkatkan minat kawula muda berinovasi untuk mengembangkan kreativitasnya. Dunia pendidikan menyiapkan kurikulum dan sistem pendidikan yang mendukung untuk mengembangkan teknologi masa depan untuk kepentingan masyarakat banyak. Pemerintah memberi fasilitas dan memfasilitasi peserta didik untuk menjadi inovator dan kreator. Media memberitakan kemajuan teknologi dan inovasi yang dibuat oleh anak bangsa. Dan dunia usaha mendanai kegiatan inovator-inovator muda dan mendukungnya hingga level internasional untuk kepentingan perusahaannya dan kepentingan bangsa.

Begitu juga yang dilakukan oleh mahasiswa di Indonesia, contohnya adalah mahasiswa Ilmu Komputer Universitas Indonesia, setelah sukses menggelar acara di tahun 2010, acara yang sama kembali digelar di tahun 2011, karena mereka sangat konsen dalam pembangunan inovasi dan karya anak bangsa agar berkualitas dan mampu bersaing. Acara tersebut dinamakan COMPFEST2011 , acara ini dimeriahkan oleh lomba-lomba menarik dan acara-acara menarik yang diikuti ribuan peserta dari berbagai wilayah di Indonesia, perlombaan tersebut diantaranya adalah:Dari lomba lomba ini kita dapat menyimpulkan dan dapat mengetahui tujuan yang akan dicapai oleh para panitia yang pertama adalah: 

1. Programming Competition tujuannya adalah para peserta mampu membuat program atau aplikasi yang dapat digunakan oleh siapa pun yang mencarinya atau membutuhkannya.
2. Blogging Competition sudah pasti tujuannya adalah mencari para blogger-blogger kreati dan inofatif dengan karya tulisanya bisa merubah dan mengubah bangsa Indonesia ini maupun dunia.
3. Game Design Competition tujuannya adalah mengembangkan para kreator game untuk membuat berplatfrom android yang banyak digandrungi oleh banyak kalangan mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, dan maupun orang tua.
4. Robotic Competition tujuannya adalah meningkatkan kreatifitas para pemuda untuk membuat robot yang bermanfaat dan dimanfaatkan untuk membantu meringankan pekerjaan  diri sendiri maupun orang lain yang membutuhkannya.

Bukan hanya di bidang teknologi, di bidang sains, keilmuan, olahraga dan lain hal. Banyak hasil yang sangat baik ditorehkan oleh putera-puteri Indonesia. Dan saya sebagai bangsa Indonesia, dan sebagai pelajar dan sekaligus sebagai warga negara Indonesia sangat bangga mendengar teman-teman semua dapat menghasilkan karya-karya yang luar biasa. Dan saya akan berusaha untuk menghasilkan karya bagi bangsa dan negara kita Indonesia. Dukung selalu Inovasi Karya Anak Bangsa menuju Kemandirian Nasional.

Catatan:
  • Artikel berjudul Go Inovasi Karya Anak Bangsa menuju Kemandirian Nasional diatas bukan sengaja dibuat sekedar untuk kontes Blog semata, tapi penulis juga bermaksud ingin menyampaikan dan menekankan serta memotivasi kepada semua teman-teman tidak menunggu-nunggu sesuatu yang pasti, jangan pernah untuk menunggu hari esok, karena kita tidak akan tahu apa yang terjadi di hari esok. 
  • Untuk Informasi lebih lanjut mengenai Kontes ini dapat kamu lihat di situs Compfest yang beralamat di compfest2011.com 
  • Tambahan bagi peserta kontes (Compfest) yang sudah ikutan atau nyolong Start duluan yang sudah hampir 1 bulan kemarin, harap dibaca lagi peraturan terbaru di compfest2011.com untuk mendapatkan informasi yang baku dan ketentuan dalam kontes ini.
    Salam sukses dan sejahtera dari pemilik blog tandanartikel.blogspot.com (Aldhi Prizty Ghamely)

    Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar