Sabtu, 07 Mei 2011

Hotel Anti Bencana Yang Mirip Dengan Bahter Nuh

Mungkin hotel ini lebih mirip dengan bahtera Nuh (Noah Ark), yang memang didesain untuk menghadapi banjir besar dikarenakan tingginya gelombang air laut.  Konsep hotel ini berupa ‘biosphere’ yang aman dari bencana, juga ramah lingkungan,dan bisa berada di darat, bahkan mengapung di laut. Desain Ark Hotel ini menggunakan panel solar dan system pengumpul air hujan untuk menyediakan power dan air bagi penghuni di dalamnya.
 
Greenhouse ini juga menyediakan sayur-sayuran dan tanaman untuk membantu menjaga kualitas air dan sumber makanan. Selain itu, tanaman di dalamnya juga dapat mem-filter kebutuhan cahaya dari luar, mengingat strukturnya dari kabel tebal dimana pemandangan luar nampak terlihat jelas. Untuk itu, frame di bagian luar dilindungi dengan lapisan yang dapat otomatis membersihkan sendiri.
Ark Hotel ini didesain oleh firma asal Rusia, bernama Remistudio dalam program  Architecture For Disaster Relief, yang diselenggarakan oleh International Union of Architects. Menurut yang dikutip dari DailyMail, fungsi Ark Hotel adalah sebagai pengamanan dan penanganan atas kondisi ekstrim dari lingkungan dan perubahan iklim. Kedua adalah untuk perlindungan lingkungan yang alami tanpa adanya aktivitas manusia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar