Selasa, 05 April 2011

Fujitsu Kembangkan Sistem Otentikasi Biometrik Terbaru

Sistem perlindungan dengan menggunakan suara, sidik jari atau retina mata mungkin sesuatu yang sudah biasa Anda dengar. Namun sistem perlindungan dengan menggunakan pembuluh darah vena inilah yang menjadikannya luar biasa. Ya, sistem perlindungan otentik biometrik inilah yang saat ini mulai dikembangkan dan bahkan rencananya juga akan diperagakan oleh Fujitsu dalam penyelenggaraan ISC West 2011.
Seperti kebanyakan vendor lainnya, Fujitsu boleh dibilang terbiasa untuk berurusan dengan berbagai macam produk. Namun beberapa waktu belakangan ini kelihatannya Fujitsu tengah berupaya dengan serius mengembangkan sistem keamanan paling barunya tersebut.
Bertepatan dengan ajang Konferensi & Pameran Keamanan Internasional atau dikenal dengan International Security Conference & Exposition (ISC West) yang akan segera dilangsungkan antara tanggal 6 April 2011 hingga 8 April 2011 di Sands Expo & Convention Center, Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, kabarnya Fujitsu akan memperagakan kemajuan terbarunya di bidang otentikasi berbasis biometrik vena. Dan di sana, pihak Fujitsu direncanakan akan menempati stan The Fujitsu Frontech North America dengan nomor 4045.
Solusi ini sendiri dikenal dengan sistem kontrol akses Fujitsu PalmEntry dan pemanfaatan teknologi pola pembuluh darah PalmSecure untuk memberikan kontrol akses keamanan secara fisik maupun logis.
Sistem otentikasi semacam ini bahkan tidak memerlukan kontak dan alat bantuan lainnya sedikitpun. Sedangkan cara kerjanya sendiri adalah seseorang hanya cukup berada di dekat cahaya inframerah yang berfungsi untuk menangkap pola vena dan menghasilkan template biometric sebelum mencocokannya dengan seseorang yang telah terdaftar sebelumnya.
Dan aksi pemalsuan boleh dibilang tidak akan mungkin terjadi pada sistem keamanan semacam ini. Hal ini tentunya disebabkan karena sistem PalmSecure pada dasarnya tidak akan memberikan akses kecuali kalau darah orang yang bersangkutan secara aktif mengalir.
“Solusi otentikasi biometrik ini sangat dapat diandalkan, tidak mengganggu dan mudah digunakan serta dapat dengan mudah diintegrasikan ke infrastruktur kontrol akses yang ada, sehingga solusi kontrol akses fisik alternatif pilihan bagi perusahaan-perusahaan yang paling membutuhkan”, ungkap pihak Fujitsu saat berlangsungnya press release.
Dalam keikutsertaannya nanti, pihak Fujitsu akan menunjukkan solusi PalmEntry Physical Access Control dan juga memberikan cara tentang instalasi dan implementasi sistem ini. Berbagai industri vertikal, seperti halnya di bidang kesehatan, jasa keuangan, pemerintah, ritel maupun pendidikan, merupakan target pasar utama sistem ini nantinya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar