Jumat, 04 Maret 2011

Waspada dengan para hacking

Penulis sengaja di awal-awal terbentuknya blog ini menulis postingan yang mengandung unsur kriminalitas (computer crime). Bukan bermaksud mengajak, tetapi sebagai sebuah pengetahuan semata. Penulis hanya ingin berbagi pengetahuan tentang salah satu metode hacking sederhana yang sering digunakan oleh para pembajak password (hacker). Tentu dengan mengenal penulis berharap anda dapat memahaminya sebagai sebuah hal yang dapat menimbulkan kerugian bagi orang lain, meskipun tidak selamanya hacking itu buruk. Jika anda berpikiran sama, semoga anda tidak lantas mempergunakan metode hack sebagai upaya merugikan orang lain. Jadikanlah apa yang anda ketahui sebagai upaya untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan komputer, jangan sampai anda menjadi korban dari kejahatan teknologi.

***
Keyloger, apa itu keylogger?. Keylogger atau keyboard logger adalah sebuah software atau program yang berfungsi untuk mencatat segala aktivitas yang anda lakukan dikomputer, misalkan anda melakukan aktivitas seperti menekan huruf A-Z, angka 0-9, atau kombinasi keyboard seperti ctrl+c dan lain-lainnya, semuanya akan tercatat oleh keylogger ini. Keylogger dikenal sangat ampuh dalam merekam setiap aktivitas di komputer baik ketika menulis di MS word, chatting, hingga user name dan password yang digunakan.

Setiap kali tombol keyboard ditekan pasti disimpan atau direkam oleh program ini. Keylogger biasanya digunakan untuk melakukan hack yang bersifat lokal, yaitu anda harus memasukan program keylogger terlebih dahulu pada komputer korban sebelum anda bisa melihat dampak yang dihasilkan oleh program keylogger ini.

Cara kerja keylogger bersifat hidden (tersembunyi). Keylogger biasanya akan muncul di systray jika anda melakukan kombinasi keyboard (shotcut tertentu). Perhatikan contoh program keylogger yang muncul pada systray berikut ini.
Gambar di atas menunjukkan icon systray salah satu keluaran Family Keylogger. Dengan program keylogger seperti ini semua aplikasi yang berisi user name dan password bisa anda dapatkan dengan sangat mudah. Banyak orang menggunakan keylogger untuk mendapatkan username dan password akun facebook, yahoo mail, gmail, yahoo massenger atau aplikasi yang lain.

Ada banyak contoh program keylogger yang disediakan di internet baik itu yang berbayar maupun yang gratis. Dalam tulisan ini, penulis akan membahas salah satu di antaranya --program keylogger-- yang sering digunakan karena terbukti ampuh untuk mencuri semua password yang dimasukkan ke dalam komputer, yaitu Family Keylogger.

Sebagai bahan pembelajaran anda dapat mengikuti langkah-langkah pemasangan keylogger. Ingat!! penulis hanya merekomendasikan sebagai bahan pembelajaran, tidak lebih.
  1. Silahkan unduh terlebih dahulu program Family Keylogger yang penulis redirect disini.
  2. Setelah anda mengunduh program tadi, klik ganda ikon spfkl.exe. Perhatikan gambar berikut.
  3. Setelah anda klik ganda file tersebut maka akan keluar jendela lisensi persetujuan. Silahkan anda baca dan menyetujui persetujuan lisensi penggunaan, klik tombol I Agree untuk melanjutkan.
  4. Jendela berikutnya adalah anda diminta untuk memilih tempat atau lokasi instalasi program. Selain pengaturan penyimpanan default, anda juga bisa mengganti folder tempat instalasi tersebut dengan menekan tombol browse. Lalu lanjutkan untuk melakukan installasi dengan menekan tombol install.
  5. Proses selanjutnya instalasi sedang berjalan.
  6. Setelah proses installasi selesai lanjutkan dengan menekan tombol close untuk mengakhiri proses pemasangan Family Keylogger. Installasi program keylogger menjadi komplet dan siap digunakan.
  7. Hasil installasi program Family Keylogger akan muncul pada taksbar.

Setelah anda berhasil melakukan installasi program Family Keylogger, sekarang tiba saatnya untuk mencoba keampuhan program ini pada komputer. Langkah-langkah penggunaan program ini adalah sebagai berikut: (diasumsikan anda sudah melakukan aktivitas pada komputer yang di dalamnya sudah terinstall program ini)
  1. Klik kanan icon systray pada taksbar. (lihat kembali gambar icon systray pada pembahasan sebelumnya). Icon akan menampilkan beberapa pilihan seperti gambar berikut.
  2. Untuk menampilkan aktivitas --tulisan-- apa saja yang sudah terekam oleh program keylogger ini silahkan klik perintah view log pada menu yang tersedia.
  3. Dari tampilan tersebut anda tinggal menyalin semua informasi yang ada pada view log tersebut. Semakin banyak aktivitas yang anda lakukan pada komputer tersebut (misalnya mengetik), maka semakin banyak pula informasi yang terekam dalam program keylogger ini. Anda bisa bayangkan sendiri apabila program ini diinstall di warnet, akan terjadi pencurian user name dan password yang ada di setiap komputer warnet.
  4. Agar korban tidak curiga kalau dalam komputer yang ia mainkan tertanam di dalamnya program keylogger, maka anda harus menyembunyikan program tersebut sehingga icon program tidak kelihatan. Untuk menyembunyikan icon klik menu hide icon.
  5. Untuk menampilkan kembali icon program keylogger tersebut, anda cukup menekan tombol CTRL+ALT+SHIFT+M secara bersamaan. Icon Family Keylogger akan muncul kembali di systray taskbar.
  6. Selesai
***

Demikian yang bisa penulis berikan sebagai bahan pembelajaran dalam upaya mengetahui, memahami, dan mempelajarinya sebagai sebuah temuan teknologi khususnya di bidang komputer yang tidak selamanya berdampak buruk. Hakikat kehidupan serba berpasang-pasangan, dimana ada baik disitu pasti ada buruk. Jadikanlah pengetahuan yang anda dapatkan melalui tulisan ini sebagai sebuah acuan untuk berbuat yang terbaik bagi orang-orang di sekeliling anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar