Selasa, 22 Maret 2011

Tebing Tontonan (Mandu)

Kabupaten Enrekang memang menawarkan objek petualangan yang sangat menarik. Media petualangan yang sangat menantang menjadikan Kab. Enrekang sebagai idola bagi penggiat alam bebas di Sul-sel. Gunung tinggi, Gua, Tebing-tebing dengan ketinggian rata-rata diatas 100 meter adalah ciri khas daerah ini. Dearah ini juga dikenal dengan hasil pertanian yang sangat terkenal dimana-mana. Diantaranya Salak Duri, Bawang, Kentang dan hasil tani lainnya. Secara admistrati tebing ini terletak di Dusun Tontonan, Kelurahan Tanete, Kec. Anggeraja. Dan secara geografis terletak pada E = 119' 48' 40" BT dan 3' 25' 13" LS

Diantara tebing-tebing yang terdapat di enrekang, Tebing Mandu' (Tontonan adalah tebing yang sangat menantang dari tebing-tebing yang lain. Tebing ini juga dikenal dengan kuburan tuanya yang sampai sekarang masih ada. Jejeran kuburan Tua (Mandu') yang berjejer disepanjang dasar tebing adalah sebuah warisan leluhur yang patut untuk kita jaga dengan baik. Terjalnya tebing Mandu ini jaka dilihat dengan sepintas seolah tanpa ada cacat batuan sehingga membuat para pemanjat untuk menjakinya.

Banyak para panjat tebing yang telah melakukan pemanjata ditempat ini diantaranya , KORPALA UNHAS, MAPALA POLITEKNIK, MAPALA 45 MKS, METRO EXPDTION, MAPALA UMI, TIM PUTRI SERITI dll.

Tebing ini berada tepat dipinggir jalan poros sehingga hampir seluruh masyarakat mengetahui jika ada pemanjatan yang dilakukan ditempat ini. Untuk menuju ke titik pemanjatan ada hal yang menantang yang harus kita lalui yaitu menyeberangi sungai yang sedikit deras. Dari permukaan sungai ke titik pemanjatan harus dilakukukan dengan pemanjatan Artificial setinggi 20 meter dengan melewati banyak pohon-pohon kaktus yang siap menancapkan duri tajamnya ditubuh kita. Dan pemanjatan akan lebih seru jika kita menggunakan Tyrolean untuk aktivitas penyeberangan. Kekokohan dinding-dinding batu tebing Mandu akan menjadi tantangan para pemanjat.

Nama-nama Tebing di Kab. Enrekang
1. Tebing Bambapuang 170 meter, Dusun.Kotu, DEsa.Bambapuang, Kec.Anggeraja
2. Tebing Mandu'/Tontonan 140 meter, Dusun.Tontonan, Kel. Tanete, Kec. Anggeraja
3. Tebing Mammiri/Tontonan 150 meter, Dusun.Tontonan, Kel. Tanete, Kec. Anggeraja
4. Tebing Rawinta/Cakke' 120 meter, Kec. Anggeraja
5. Tebing Buntu Batu 140 meter, Dusun.Panyurak, Desa Panyurak, Kec. Pasui/Baraka
6. Tebing Lakisan 80 meter, Dusun.Kotu, DEsa.Bambapuang, Kec.Anggeraja
7. Dan lain-lain.

Dokumentasi: Korpala Unhas

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar