Jumat, 25 Februari 2011

Mozilla Firefox 4.0 Beta 12 Preview, Jadi Versi Beta Terakhir

Tonggak pengembangan Beta 12 dari Firefox 4.0 tampaknya telah menyentuh sudut tahapannya. Sejalan dengan itu, Mozilla baru saja telah merilis pratinjau Build pertamanya atas Firefox 4.0 Beta 12 pertamanya dan tersedia bagi siapa saja yang mau mencoba melalui situs resminya.
Perlu diketahui bersama, unduhan yang tersedia tersebut hanyalah sebuah kandidat atas keberadaan Firefox 4.0 Beta 12 dan bukan merupakan versi Beta lengkapnya. Dan kemungkinan hal ini bisa saja hanya sebuah batu loncatan sebelum Mozilla resmi mengemas versi Beta kedua belas yang sebenarnya.
Sementara pada saat yang sama, bagi Anda sebagai pengadopsi awal yang merasa tertantang mencoba bisa langsung mendownload keberadaan pratinjau Firefox 4.0 Beta 12 tersebut dan bisa merasakan perbedaannya sebagai penerus versi Beta 11 ini. Sejauh ini, keberadaan versi Beta 12 sendiri masih belum jelas dan kemungkinan lebih difokuskan untuk memperbaiki semua penghambat yang telah mencegah Firefox4.0 lolos menuju tahapan Release Candidate selanjutnya.
Christian Legnitto, seseorang yang kini menjabat sebagai manajer rilis Firefox di Mozilla telah berupaya menyediakan versi update-an evolusi browser pada minggu yang lalu dengan catatan seandainya semua berjalan dengan baik, maka versi Beta 12 akan diikuti dengan ketersediaan Release Candidate pertamanya. Dan boleh jadi hal ini kemungkinannya dapat menjadi isu-isu yang bisa mempengaruhi keberadaan Firefox 4.0. Maka dari itu, versi Beta tambahan lainnya kemungkinan bisa saja muncul.
Terlepas dari itu semua, Legnitto pun baru-baru ini telah menegaskan bahwa versi Beta 12 yang ada saat ini memang direncanakan menjadi versi Beta terakhir, namun yang pasti pihaknya masih bisa saja kemungkinan membutuhkan versi Beta 13 nya seandainya dalam masa pratinjau ini ditemukan masalah pada versi Beta 12 sebelum beranjak ke Realease Candidate (RC) nantinya.
Mozilla sendiri berencana
untuk menawarkan ketersediaan Firefox 4.0 Release Candidate dalam pengujian menjelang akhir Februari 2011 ini. Tetapi mengingat terjadi penundaan pada versi Beta 12 nya, kemungkinan tanggal peluncuran versi Release Candidate pertamanya bisa saja diperkirakan mundur dari waktu yang telah ditentukan yaitu awal bulan Maret 2011 yang akan datang. Terlebih lagi apalagi bila perbaikan versi Beta 12 menimbulkan permasalahan regresi pada FireFox 4.0 kemungkinan ketersediaan versi Beta 13 bisa saja diperlukan dalam hal ini. Bila demikian adanya boleh jadi pengembangan Firefox 4.0 bisa mulur sampai akhir maret atau bahkan April 2011, dan itu semua tentunya tergantung dari keberadaan Release Candidate Build yang ada nantinya. Hm, kita lihat saja nanti!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar