Selasa, 15 Februari 2011

Jejaring Sosial Gamer Raptr Sukses Gapai Enam Juta Pengguna

Kesuksesan sebuah game tak terlepas dari seberapa besar animo para penggunanya yang telah ikut berpartisipasi meningkatkan rating sebuah game itu sediri sehingga membuat populer di mata publik. Bagi Anda yang memang doyan ngegame di situs jejaring sosial, tampaknya sudah tidak asing lagi dengan keberadaan game yang satu ini. Game Raptr, sejak kemunculannya tahun 2007 yang lalu, kabarnya telah berhasil menarik perhatian dan menghimpun para penggunanya yang kini berhasil menembus angka 6 juta pengguna terdaftar. Dalam setiap bulannya saja, game ini rata-rata bisa menghimpun sekitar 750.000 para pengguna yang baru. Dan bahkan berdasarkan sebuah infographic di situs Raptr sendiri kabarnya game ini memiliki sekitar 5,5 juta pengunjung tersendiri setiap bulannya. Wow, suatu rekor fantastis untuk sebuah game jejaring sosial.
Kemampuan game Raptr ini tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya aktifitas trek pengguna game Raptr tersebut memiliki kompatibilitas dengan platform Xbox 360, PlayStation 3 dan PC. Berbekal dengan data yang ada, memungkinkan para penggunanya bisa mengetahui aktifitas teman-temannya sendiri secara real time dan juga bisa melakukan chatting. Integrasi game Raptr pun telah diperluas untuk layanan Facebook, Twitter, dan beberapa instant messenger lainnya.

Sejauh ini diperkirakan terdapat lebih dari 43.700 game yang terdata di situs online-nya. Dan bahkan sejak dirilis, perusahaan Raptr Inc berhasil mendata 10 miliar menit bermain. Call of Duty, World of Warcraft dan Halo merupakan tiga game terpopular di kalangan para penggunanya saat ini.  Sedangkan pilihan game besutan Zynga yang terdiri dari FarmVille and CityVille dan Assasin’s Creed kabarnya masuk peringkat lima besar.
Seperti yang diketahui bersama, game Raptr bukanlah satu-satunya game yang berbasis jejaring sosial. Selain itu, ada game-game lain seperti PlayFire, WeGame, dan UGame yang juga menawarkan kepada para gamer dengan kemampuan yang sama yaitu kemampuan berkomunikasi dengan pengguna lainnya mengenai apa saja yang mereka lakukan lewat lanskap video game yang ada.
Di balik perkembangan pesatnya, Raptr juga baru saja mengumumkan ada pemasukan dana segar sebesar 15 juta USD (150 miliar rupiah). Pemegang saham terbesar saat ini di Raptr Inc adalah DAG Ventures dan Tenaya Capital, sedangkan Accel Partners hanya mendanai sebesar 27 juta USD (270 miliar rupiah). Dari pemasukan dana dari para investornya tersebut, tentunya sangat terbuka bagi Raptr Inc untuk berencana memberikan sesuatu yang terbaik bagi para penggunanya yaitu salah satunya dengan menciptakan dan menawarkan fitur-fitur terbarunya di masa yang akan datang. Hm, Kita tunggu saja!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar