Sabtu, 04 Desember 2010

Tips Merawat Sepeda Motor

Merawat Sepeda Motor
Perawatan adalah salah satu faktor yang punya pengaruh besar pada usia kendaraan bermotor. Makin jarang kita melakukan perawatan kepada motor maka makin pendek pula usia pemakaian motor. Agar bisa merawat motor dengan mudah, berikut ini ada tips mudah merawat motor (honda, yamaha, suzuki, bajaj, kawasaki):
  1. Pertama yang harus dilakukan adalah periksa kondisi oli, karena oli berperan penting untuk melumas komponen-komponen mesin, seperti stang seher, seher, dan ring seher, kruk as dan noken as atau stang klep.
  2. Jika minyak pelumas sudah berwarna kehitam-hitaman, maka sebaiknya segera diganti dengan oli yang sesuai rekomendasi pabrikan dari motor tersebut. Tujuan penggantian ini karena oli pada keadaan kehitam-hitaman maka daya lumasnya berkurang yang akan berpengaruh pada mesin motor anda.
  3. Selanjutnya adalah periksalah kondisi aki. Jangan biarkan air aki melewati batas maksimum dan minimum yang mengakibatkan bisa mempercepat kerusakan pada sel-sel aki. Segera ganti jika baterai atau aki sudah mulai melemah.
  4. Anda sebaiknya periksa rantai dan gir. Jangan biarkan rantai terlalu kendor atau sebaliknya. Cek juga kondisi gir, jika sudah tajam segera ganti karena akan mengganggu performance dari motor tersebut. Bisa-bisa juga rantai putus.
  5. Selanjutnya periksa kabel koil dan busi. Segera ganti kabel yang kelihatannya sudah cukup umur dan banyak terlihat keretakan dan pengerasan pada kabel. Jangan lupa perhatikan keberadaan busi karena busi sangat vital untuk kelancaran sebuah mesin kendaraan.
  6. Perhatikan selang bensin. Jangan membiarkan kondisi selang bensin mengeras atau terjadi retakan-retakan, karena bagian dalam selang bisa jadi sudah tidak elastic dan mengakibatkan serbuk kotoran yang berasal dari selang terbawa ke karburator.
  7. Rajin-rajinlah panaskan mesin selama dua menit. Panaskan mesin sebelum motor dijalankan agar sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak.
  8. Dan yang terakhir, periksa tekanan angin ban. Jangan terlalu keras dan juga jangan kurang karena bisa berakibat kembang ban motor rusak. Ingat juga untuk selalu menggunakan suku cadang yang asli.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar