Sabtu, 04 Desember 2010

Tips Internet Aman Untuk Anak

Tips Internet Aman Untuk Anak
Memberikan kebebasan berinternet kepada anak-anak sangat beresiko, namun di sisi lain internet juga penting buat anak sebagai sarana belajar. Agar anak dapat berinternet dengan aman, ada baiknya anda simak tips berikut:
  1. Tempatkan komputer anda di ruangan yang terbuka dengan monitor menghadap keluar, ini memungkinkan anda untuk melihat dan mengontrol apa yang anak buka di internet.
  2. Memberikan sedikit pengetahuan kepada anak tentang bahaya dan manfaat internet.
  3. Bookmark halaman web site untuk anak, ini memudahkan anak untuk membuka web site yang dia kunjungi sebelumnya.
  4. Ajarkan kepada anak agar tidak memberikan informasi pribadi ke orang yang tidak dikenal di internet.
  5. Berbagi informasi tentang baik dan buruknya internet dengan orang tua yang lain, sehingga anda dapat memperoleh informasi yang lebih.
  6. Ajarkan anak anda agar menahan diri supaya tidak masuk ke tempat obrolan / chatting.
  7. Jangan instal aplikasi Peer-to-peer, karena persentase yang tinggi terjadi pada anak dan aplikasi Peer-to-peer berkaitan dengan kegiatan ilegal dan tidak bermoral/asusila.
  8. Ajarkan kepada anak agar segera mematikan komputer jika menemukan pengalaman yang buruk di internet dan memberiyahukannya ke orang tua.
  9. Jangan pernah membiarkan anak-anak Anda untuk bertemu dengan seseorang dari sesi online kecuali orang tua menyetujuinya.
  10. Orang tua harus mengetahui teman-teman dari anak.
  11. Ajari anak untuk tidak pernah membuka email dari seseorang yang mereka tidak tahu.
  12. Jangan pernah menanggapi atau berhentilah berlangganan pada email porno. Jika Anda atau anak Anda menerima pesan yang melecehkan, yang bersifat seksual, atau mengancam, teruskan salinan pesan ke ISP Anda, dan mintalah bantuan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar