Selasa, 30 November 2010

Dua Robot JAMES & ROSIE Bersama Masak Panekuk / Kue Serabi

Robot TUM PR2 (bernama James) dan robot lain bernama Rosie telah bekerja sama untuk membuat beberapa pancake. Hal ini cukup mengagumkan yah. Awalnya si robot James tidak tahu bagaimana membuat pancake. Jadi, ia melakukan apa yang biasa kita akan lakukan, yaitu dengan mencari resepnya di internet karena James mampu menggunakan Web untuk problem solving.

Dari petunjuk yang ditemukan di internet, James mampu menghasilkan program sendiri bagaimana membuat  pancake, yang meliputi menggunakan pengenalan citra untuk menentukan seperti apa botol adonan pancake tampak ketika robot ini pergi mencari di lemari es. Kedua robot ini juga mampu secara dinamis beradaptasi dengan kesalahan dan hambatan dan muncul di lingkungan mereka yang umum terjadi di dapur nyata.
robot James bisa membuka dan menutup lemari, mengambil campuran pancake dari lemari es dan memberikannya pada si Rosie. Seperti yang telah kita lihat sebelumnya, membalik serabi/panekuk tidak mudah, tapi Rosie mengelola dengan mahir. Dan perlu kita akui: ketika Rosie membalik pancake itu, kita bisa terheran-heran melihatnya.
Jadi, berapa lama sampai kita punya beberapa robot di dapur saya melayani kita membuatkan pancake setiap kali kita inginkan? Yah mungkin masih menunggu beberapa tahun lagi yah, mengingat robot semacam ini masih sangat mahal untuk digunakan konsumen rumahan (via willowgarage.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar